Pilih Berbisnis Online atau Offline? Temukan Jawabannya di EEC 2019!

Hi Exabytes Friends! Makin mendekati acara EEC 2019 nih, sudah mempersiapkan apa aja buat EEC 2019 nanti?

Kamu tentu tahu kalau EEC nanti akan fokus ngomongin tentang dunia E-commerces, dunia digital, cerita sukses para enterpreneur muda, pengalaman-pengalaman seru para speaker dalam merintis usaha bisnisnya mulai dari nol hingga sesukses sekarang dan masih banyak lagi. Pastinya akan banyak edukasi dan pengetahuan yang diungkapkan para speaker yang bisa kita ambil nilai positifnya.

Ngomongin soal e-commerces atau bisnis online, apa sih sebenarnya yang menjadi alasan seseorang lebih memilih berbisnis Online daripada berbisnis Offline? Yuk kita sama-sama cari tahu disini, disimak baik-baik ya Exabytes Friends.

Perkembangan dunia digital semakin hari semakin tumbuh pesat yang mana akan menciptakan pola pikir masyarakat yang baru. Ketergantungan seseorang terhadap internet agaknya sudah menjadi trend atau budaya baru saat ini. Coba Exabytes Friends bayangkan, dari bangun tidur saja yang dilihat dan dibuka pertama kali pastinya smartphone atau gadget kalian ya kan ngaku deh? Entah itu untuk membuka sosial media, bermain games online, buka youtube, membuka email atau sekedar melakukan chatting.

Sebagai pelaku UKM, hal tersebut sebenarnya bisa dijadikan peluang yang besar untuk memperluas bisnis atau membuka bisnis. Alasanya sudah jelas, karena semakin menjamurnya internet di sebagian besar kalangan masyarakat. Ya, ini bisa dijadikan pasar atau ladang bisnis yang menjanjikan kalau Exabytes Friends tahu ilmunya.

Namun hal ini masih suka dijadikan perdebatan argumen tentang kenapa harus berbisnis Online, apa kelebihannya dari bisnis Offline (konvensional) khususnya untuk yang baru mau memulai usaha atau UKM dengan keterbatasan modal.

Untuk itu kita lihat dulu yuk apa aja sih yang membedakan antara Bisnis Online dengan Bisnis Offline :

1. Modal Usaha
Berbisnis online bisa dikatakan membutuhkan modal yang lebih murah, karena biaya awal yang dibutuhkan hanya untuk membuka toko online, bahkan bisa didapat secara gratis untuk membukanya. Sedangkan bisnis offline, tentu memerlukan persiapan yang matang untuk modal awal. Harus siapkan uang untuk sewa gedung yang biasanya harga sewa akan terus naik, dan uang untuk modal membeli barang yang akan di jual di bisnis offline kamu nantinya.

2. Jangkauan Pemasaran
Kalau dilihat dari jangkauan pemasaran, bisnis Online jangkauannya sangat luas. Kamu bisa berkesempatan mendapatkan pembeli dari seluruh wilayah Indonesia atau bahkan dari luar negri. Hal tersebut dikarenakan platform internet yang memungkinkan untuk itu. Selain itu, alasan lainnya karena pengguna internet juga sudah mulai merata di seluruh negara di dunia. Sedangkan bisnis Offline yang modalnya terbatas jangkauannya lebih sempit, mungkin hanya bisa dipasarkan pada orang-orang di sekitar toko atau daerah tersebut saja.

3. Waktu yang Tak Terbatas
Bisnis Online tidak terbatas dan terikat oleh waktu, bahkan bisa buka selama 1×24 jam. Ketika tidurpun, bisa saja kamu akan mendapatkan transaksi. Karena semua pesanan yang masuk bisa kamu setting melalui Order Tunggu, Email, Pesan atau Chatting otomatis dan sebagainya.

Berbeda dengan bisnis Offline, yang hanya memiliki waktu yang terbatas untuk membuka toko. Pernah ga Exabytes Friends temui toko Offline yang buka 24 jam? Ada sih tapi pasti jarang. Kalau adapun pasti mereka harus mengeluarkan cost yang tidak sedikit, harus memiliki karyawan yang mau bekerja shift-shiftan, harus mengeluarkan anggaran lebih untuk listrik, dan bahkan harus menggunakan pengamanan yang lebih ekstra untuk menghindari resiko kejahatan.

4. Sistem Pemasaran
Bisnis Online tidak membutuhkan sistem pemasaran yang rumit seperti harus mengeluarkan modal untuk membuat brosur, memperkerjakan seorang marketing atau sales dan lain sebagainya. Kamu cukup melakukan promosi dengan memanfaatkan peran sosial media, seperti email marketing, SEO dan lain sebagainya. Sedangkan bisnis Offline, masih membutuhkan sistem yang rumit seperti harus melakukan cetak brosur, pemasangan banner, baliho, iklan media cetak yang pastinya membutuhkan modal yang tidak sedikit.

5. Jenius Produk
Di bisnis Online, jenis produk yang bisa di jual bisa beraneka ragam. Namun kamu perlu menjual jenis barang yang lebih spesifik, karena seseorang berbelanja online itu biasanya mencari jenis produk sesuai dengan kebutuhannya di internet. Oiya kamu juga bisa memposting gambar produk yang ingin kamu jual dengan spesifikasi yang lengkap di media sosial, tanpa perlu membeli atau stok barangnya terlebih dahulu, bisnismu akan tetap berjalan.

Sedangkan Bisnis Offline, kamu memang bisa menjual semua jenis barang, namun akan terbatas pada tempat dan penyediaan stok barang. Dan pastinya kalau stok barangmu banyak, kamu memerlukan modal lagi yang tidak sedikit.

6. Cara Pembelian
Bisnis online, cara pembeliannya hanya melalui online saja, tanpa perlu tatap muka dengan pembelinya. Sistem pembayarannya pun menggunakan payment gateway yang mana kamu tidak perlu memikirkan uang kembalian, dapat handle pembeli secara langsung, dan pastinya sangat memudahkan pembeli melakukan transaksi baik debit ataupun kredit secara sistematis.

Sedangkan bisnis Offline, cara pembeliannya adalah dengan tatap langsung dengan pembelinya. Satu orang pembeli dihandle oleh satu orang secara langsung. Bayangkan saja jika pembeli yang datang 70 orang pada saat yang bersamaan, artinya kamu butuh memiliki kasir berapa orang?

7. Minimalis Kegagalan
Kalau dilihat dari resiko kegagagalannya, berbisnis online adalah yang paling sedikit resiko kegagalannya. Kenapa? Karena modal yang dikeluarkan juga tidak begitu banyak, sehingga minim sekali resiko kerugiannya.

Sedangkan bisnis Offline, pasti akan terasa jika mengalami kegagalan. Contohnya saja seperti ini, kamu pasti sering melihat ada usaha yang sudah gulung tikar padahal jualannya belum ada 1 tahun. Bagaimana coba nasib para karyawannya, dari sewa toko sudah berapa banyak cost yang terbuang? belum lagi stok barang yang tersisa dan lain sebagainya. Pasti banyak hal yang harus dikorbankan dong!

Gimana nih Exabytes Friends setelah melihat perbedaan antara keduanya di artikel ini, jadi pilih berbisnis Online atau Offline? Masih butuh pencerahan lagi? Eittz, tenang!! kamu bisa dapat jawaban yang lebih komplit lagi di acara EEC 2019. Daftarkan segera dan temukan pengetahuan yang lebih luas lagi seputar dunia E-commerces. Cek info lengkapnya disini : https://2019.eec.exabytes.co.id

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter

Book Your Seat Choose your ticket plan

00
Days
00
Hours
00
Minutes
00
Seconds

Sponsors & Partners Driving technology for leading brands

Organizer

Gold Partner

Silver Partner

Communication Partner

Media Partner

Community Partner

Official Internet Provider

Communication Partner

Media Partner

Community Partner

Indostarter

Official Internet Provider

Get More Information on Exabytes eCommerce Conference!